Kumpulan RPP Silabus Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA, SMK Revisi 2020 lengkap dengan Promes, Prota, KIKD, Pemetaan, Kalender pendidikan dll.

Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Setiap jabatan baik itu tinggi maupun biasa saja pasti ada tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang akan dibebankan kepada pemegangnya. Termasuk Kepala Sekolah (KS). Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah tidaklah sedikit. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sebuah satuan pendidikan mesti mempertanggung jawabkan jabatannya tersebut. Oleh karena itu kepalas sekolah harus membuat rencana dan menjalankan perannya tersebut dengan baik, dengan demikian jabatannya kemungkinan akan naik dan mendapat perhatian dari pengawas. Jika Track record nya bagus bukan hal yang mustahil kepala sekolah tersebut mendapat promosi untuk jabatan lain yang lebih bagus.

Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah
Kepala sekolah adalah panutan untuk guru-guru lain yang mengajar di sekolah tersebut. Agar membentuk ikantan dan loyalitas dari guru-guru lain menjadi semakin erat. Selain itu kepala sekolah sangat berperan dalam kemajuan dan pengembangan sekolah yang dia pimpin.

Apa Sebenarnya Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa sebagai seorang pemangku jabatan ada tugas dan tanggung jawab yang haru dipikul, kepala sekolah pun memiliki tugas dan tanggung jawab.

Tugas Kepala Sekolah
Kepala sekolah adalah guru yang diangkat untuk memimpin satuan pendidikan dimana ia mengajar. Kepala sekolah harus memimpin sekolah tersebut dengan penuh pengabdian dan niat yang ikhlas.

Mengembangkan Kurikulum
Kurikulum yang dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dalam hal ini Kurikulum 2013) adalah masih bentuk standard untuk seluruh Indonesia dan sifatnya terbuka, artinya jika memungkinakan sebuah sekolah mengembangkan lebih baik dari standar yang dibuat oleh Diknas maka sekolah terbut harus melebih standar tersebut, di sini peran kepala sekolah dan wakilnya serta staf yang ada dibawahnya sangat penting. Apalagi jika sekolah tersebut sudah sangat mumpuni dalam sarana dan prasarana maka sebaiknya kurikulum sekolah  tersebut harus melebihi standar yang dibuat oleh diknas.

Mengkoordinir pengajaran
Kepala sekolah bertanggung jawab dalam membuat dan menentukan pengajaran baik itu jadwal, menentukan pengajar siapa dan di kelas berapa guru yang ditunjuk mengajar, Kalender Pendidikan serta kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan. Semuanya harus ditentukan oleh kepala sekolah dan tentunya dengan usulan dan masukan dari guru-guru yang bersangkutan dalam hal ini.

Menyiapkan staf pengajar
Sekolah adalah tempat terjadinya interaksi antara murid dan guru khususnya, dan pihak-pihak lainnnya pada umumnya. Tentu saja sebuah sekolah selain menarik peserta didik, sekolah tersebut pun harus memiliki tenaga pendidik yang akan mendidik peserta didik yang sudah direkrut. Mencarikan guru yang sesuai dengan bidangnya adalah tugas kepala sekolah dalam hal ini kepala sekolah sebagai penentu apakah seorang guru yang melamar mengajar disekolah tersebut (sekarang biasanya guru yang mencari sekolah). Namun jika tidak ada yang ingin melamar ke sekolah tersebut kepala sekolahlah yang harus mencari dan merekrut guru, bisa mengumumkan lowongan kerja lewat facebook, bbm, brosur dan lain-lain.

Menyiapkan fasilitas belajar
Belajar adalah proses untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa yang memerlukan berbagai fasilitas untuk keberhasilan proses pembelajaran. Kepalas sekolah bertugas untuk menyiapkan semuanya. Mengadalan buku paket, menyediakan lab yang diperlukan, meja, kursi dan lainnya. Tentu saja kepala sekolah tidak sendirian dalam menyiapkannya, bisa berkeja sama dengan pihak-pihak yang terkait. Seperti buku bisa menghubungi penerbit atau agen-agen buku lainnya,

Menyiapkan bahan-bahan pelajaran
Menyelenggarakan penataran-penataran guru
Memberikan konsultasi dan membina anggota staf pengajar
Mengkoordinasi layanan terhadap para siswa
Mengembangkan hubungan dengan masyarakat
Menilai pengajaran

Dalam bukunya (Hendiyat Soetopo dan Wasty 1998 : 42) menjelaskan Tugas dan Tanggung jawab seorang kepala sekolah itu diantaranya adalah bertugas mengatur dan mengorganisasi segala aspek kurikulum yang ada di sekolah demi tercapainya target yang ditentukan bahkan juki melebihi target tersebut maka itu lebih baik. berikut adalah tanggung jawab kepalas sekolah tersebut:
  • Membantu guru-guru dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan program satuan pelajaran. Dalam hal ini kepala sekolah tidak hanya menandatangai administrasi guru saja seperti RPP Kurikulum 2013, silabus dan lainnya. Tapi juga kepala sekolah ikut proaktif dalam menyusun rencana tersebut dengan memberikan pelatihan kepada para guru tentang membuat rencana pelaksanan pembelajaran tersebut
  • Membantu guru dalam menyusun kegiatan belajar mengajar.
  • Biasanya di sekolah itu ada banyak kegiatan baik itu di dalam ataupun di luar kelas, seperti kegiatan yang bekerja sama dengan pihak ketiga seperti bazar, talkshaw, outdoor, perkemahan dan lain-lain.
  • Membantu guru dalam menilai proses dan hasil belajar mengajar
  • Bila guru ada yang kesulitan atau ada hal yang dianggap memerlukan bantuan kepala sekolah maka kepala sekolah harus ikut andil dalam menyelesaikakn permasalahan tersebut.
  • Membantu guru dalam menilai hasil belajar siswa
  • Penilaian hasil belajar siswapun kepala sekolah tidak bisa lebas walaupun tidak harus ikut menilai satu-persatu peserta didik.
  • Membantu guru dalam menterjemahkan kurikulum ke dalam pengajaran
  • Tugas Kepala sekolah lainnya adalah membantu guru menerjemahkan kurikulum ke dalam pengajaran, terlebih kurikulum yang digunakan sekarang adalah kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Kepala sekolah harus membantu guru tersebut untuk mengimplementasikannya dalam pengajaran, setidaknya dalam sebuah rapat, atau pelatihan yang sengaja di adakan di sekolah yang ia pimpin.

Selain RPP di atas berikut adalah Daftar Administrasi Guru yang wajib dimiliki pendidik yang bisa Anda gunakan:
  1. RPP Revisi 2020/2021 terbaru
  2. Silabus Depdikbud
  3. Pedoman Mata Pelajaran
  4. Permendikbud Tahun 2020/2021
  5. Kalender Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021
  6. Analisis Alokasi Waktu
  7. Program Tahunan 2020/2021
  8. Program Semester 2020/2021
  9. Format Penentuan KKM (optional)
  10. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  11. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  12. Analisis Kompetensi
  13. Rekapitulasi Lembar Penilaian
  14. Analisis Keterkaitan KI, KD, Indikator, dan Materi Pembelajaran
  15. Lembar Penilaian Sikap Diri
  16. Lembar Penilaian Sikap Jurnal
  17. Lembar Penilaian Sikap Observasi
  18. Lembar Penilaian Sikap Teman Sebaya
  19. Lembar Penilaian Pengetahuan Penugasan
  20. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Lisan
  21. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Uraian
  22. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Pilihan Ganda
  23. Lembar Penilaian Keterampilan Proyek
  24. Lembar Penilaian Keterampilan Unjuk Kerja
  25. Administrasi kepala sekolah
  26. Dokumen Akreditasi Sekolah
  27. Soal-soal Latihan

Terima kasih sudah membaca artikel Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah ini, Semoga bermanfaat

Tags :

Related : Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah