Kumpulan RPP Silabus Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA, SMK Revisi 2020 lengkap dengan Promes, Prota, KIKD, Pemetaan, Kalender pendidikan dll.

Pengertian Metamorfosis, tahap-tahap dan contoh-contoh metamorfosis pada hewan

Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani (bahasa Yunani: metamorphosis μεταμόρφωσις) merupakan istilah yang berarti "berubah bentuk". dalam istilah ilmiahya pengertian Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi yang meliputi perubahan fisik dan struktur hewan tanpa melalui kelahiran maupun penetasan. Perubahan tersebut terjadi akibat pertumbuhan dan diferensiasi sel. 

Banyak sekali hewan di sekitar kita yang melalui tahap-tahap metamorfosis ini. seperti kupu-kupu, nyamuk, kecoak, capung, lebah, tawon, dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis Metamorfosis

Metamorfosis ada dua macam yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Disebut metamorfosis sempurna yaitu jika hewan melalui empat tahap perubahan bentuk, atau 4 tahap metamorofosis. Sedangkan jika hewan yang mengalami hanya 3 tahap metamorfosis saja, maka disebut metamorfosis tidak sempurna.

Contoh Metamorfosis Sempurna

1. Kupu-kupu 

Kupu-kupu mengalami tahap metamorfosis sempurna. Kupu-kupu mengalami 4 perubahan bentuk dalam perjalanan hidupnya, yaitu:

a. Telur

Kupu-kupu termasuk hewan yang bertelur. Kupu-kupu bertelur di dedaunan yang menjadi makannya. hal ini menjadi keuntungan bagi telur-telurnya saat menetas. Begitu menetas anak kupu-kupu makan dedaunan yg ada di hadapan mereka.

b. Larva

Larva kupu-kupu dikenal dengan ulat. Ulat ada banyak macamnya tergantung jenis induknya. ada yang berbulu dan ada juga yang tidak. Pada masa ulat ini, mereka akan makan terus-menerus sampai mereka akhirnya mencapai waktu untuk bersemedi menjadi kepompong.

c. Pupa (kepompong)

Proses perubahan bentuk atau metamorfosis berikutnya setelah larva pada kupu-kupu adalah bentuk kepompong. Pada masa ini ulat yang sudah kenyang dengan makanan berubah menjadi kepompong yaitu cangkang yang terbuat dari benang alami yang mengandung sutra. 

Masa perubahan menjadi kepompong berlangsung sekitar 10 sampai 12 hari. Selamat proses ini, ulat tidak makan ataupun minum. mereka mengandalkan makan yang mereka konsumsi saat menjadi ulat. Itulah sebabnya mereka makan terus menerus saat menjadi ulat.

d. Kupu-kupu

Setelah berdiam diri selama masa kepompong selama hampir dua minggu mereka akan keluar dari kepompong menjadi sosok yang cantik.

Selain RPP di atas berikut adalah Daftar Administrasi Guru yang wajib dimiliki pendidik yang bisa Anda gunakan:
  1. RPP Revisi 2020/2021 terbaru
  2. Silabus Depdikbud
  3. Pedoman Mata Pelajaran
  4. Permendikbud Tahun 2020/2021
  5. Kalender Akademis Tahun Pelajaran 2020/2021
  6. Analisis Alokasi Waktu
  7. Program Tahunan 2020/2021
  8. Program Semester 2020/2021
  9. Format Penentuan KKM (optional)
  10. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  11. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
  12. Analisis Kompetensi
  13. Rekapitulasi Lembar Penilaian
  14. Analisis Keterkaitan KI, KD, Indikator, dan Materi Pembelajaran
  15. Lembar Penilaian Sikap Diri
  16. Lembar Penilaian Sikap Jurnal
  17. Lembar Penilaian Sikap Observasi
  18. Lembar Penilaian Sikap Teman Sebaya
  19. Lembar Penilaian Pengetahuan Penugasan
  20. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Lisan
  21. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Uraian
  22. Lembar Penilaian Pengetahuan Tes Pilihan Ganda
  23. Lembar Penilaian Keterampilan Proyek
  24. Lembar Penilaian Keterampilan Unjuk Kerja
  25. Administrasi kepala sekolah
  26. Dokumen Akreditasi Sekolah
  27. Soal-soal Latihan

Terima kasih sudah membaca artikel Pengertian Metamorfosis, tahap-tahap dan contoh-contoh metamorfosis pada hewan ini, Semoga bermanfaat

Tags :

Related : Pengertian Metamorfosis, tahap-tahap dan contoh-contoh metamorfosis pada hewan